Mengaktifkan PDO Extension

PHP PDO

PDO (PHP Data Objects) merupakan salah satu extension yang dapat digunakan agar program dapat tetap berkomunikasi dengan database. Tidak hanya sebatas pada database driver MySQL, PDO mendukung koneksi dengan berbagai macam database driver. Seperti yang dilansir dari situs resmi manual PHP, hingga saat ini tercatat kurang lebih sebanyak 12 database driver yang dapat diimplementasikan dengan PDO interface.

Database Driver PDO Interface


Untuk dapat menggunakan extension PDO, terlebih dahulu aktifkan PDO extension yang terdapat didalam file php.ini. File php.ini dapat ditemukan didalam folder xampp/php/, buka file tersebut dengan editor (Notepad, Notepad++, Wordpad) kemudian lakukan pencarian dengan memasukkan kata kunci “pdo”.

File php.ini

Untuk mengaktifkan extension PDO, hilangkan tanda titik koma (semicolon) diawal kata extension. Karena yang ingin diaktifkan adalah extension pdo untuk database mysql, maka hilangkan tanda semicolon diawal extension=php_pdo_mysql.dll seperti yang terlihat pada baris 1012 diatas, dengan begitu extension pdo untuk database mysql telah aktif.

Demikian cara mengaktifkan PDO extension pada lokal server, pada sesi pembelajaran berikutnya akan dijelaskan tentang cara koneksi kedalam database mysql.

Semoga tutorial ini dapat membantu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s