Fake Email Tidak Berhasil, Setting Local User On Mercury

Question & Answer Septuar Buku SISFO Event

Tanggal 6 Desember 2016 lalu, saya mendapat pertanyaan seputar buku Sistem Informasi Pendaftaran Event Dengan PHP Untuk Panduan Skripsi. Menurut si pengirim (yang tidak dapat saya sebutkan namanya) test daftar fake email tidak berhasil padahal konfigurasi untuk fake email pada file php.ini dan file sendmail.ini sudah diikuti sesuai dengan buku.

Apa sih fake email itu? OK.. fake email adalah akun email palsu yang dibuat khusus untuk percobaan pengiriman email ke email yang dituju. Dalam implementasinya percobaan ini tidak perlu terkoneksi dengan jaringan internet, cukup dengan local server saja (localhost) email sudah dapat dikirim dan diterima dengan baik oleh email client.

Cara ini banyak digunakan oleh pengembang website yang memerlukan/menggunakan proses pengiriman email didalam perancangan website-nya. Pada tahapan perancangan proses testing debungging pengiriman ini dapat dengan mudah dilakukan karena tidak perlu terkoneksi dengan internet. Inilah yang disebut dengan fake email.

Untuk langkah-langkah konfigurasi ini sebenarnya sudah disertakan dalam buku Sistem Informasi Pendaftaran Event pada BAB 2 mulai dari setting Mercury, file php.ini, file sendmail.ini, hingga pada konfigurasi Thunderbird yang digunakan sebagai mail server.

Sekedar mengingatkan konfigurasi untuk fake email tidak hanya pada file php.ini dan file sendmail.ini. Untuk dapat menggunakan fake email, aktifkan Mercury pada server XAMPP.

Set Mercury On

Selanjutnya lakukan konfigurasi dengan meng-klik tombol Admin pada control panel XAMPP untuk Mercury sehingga akan ditampilkan window seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Konfigurasi Mercury

Pada tampilan seperti gambar diatas, pilih menu Configuration lalu pilih Manage local users. Tambahkan user/akun pengguna dengan meng-klik tombol Add pada gambar dibawah ini.

Add Local Users On Mercury

Kemudian isi kolom Username, Personal name, dan Mail password.

Username : isikan dengan nama pengguna, misal doni.

Personal name : isikan dengan nama akun email palsu lengkap dengan domain local server (@localhost), misal doni@localhost.

Mail password : isikan dengan password untuk akun email palsu tersebut.

Add User On Mercury

Lalu klik OK dan close semua jendela konfigurasi Mercury, maka secara otomatis Mercury akan di nonaktifkan dari control panel XAMPP. Klik Start kembali untuk mengaktifkan Mercury, dalam hal ini Mercury meminta untuk di restart agar konfigurasi yang dilakukan dapat digunakan.

Jangan lupa, pada file sendmail.ini cari baris force_sender dan isi dengan salah satu akun email palsu yang ingin dijadikan akun email server (pengirim dari sistem).

Sendmail.ini configuration

Tahapan selanjutnya adalah konfigurasikan akun email palsu yang telah dibuat kedalam aplikasi Thunderbird. Bagaimana tahapan konfigurasinya, silahkan ikuti panduannya di buku Sistem Informasi Pendaftaran Event Dengan PHP Untuk Panduan Skripsi.

Semoga bermanfaat..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s