Pembuatan Tabel Dengan Bahasa HTML

Melanjutkan pelajaran mengenai bahasa pemrograman HTML, sebelumnya telah dibahas pengenalan dasar Hypertext Markup Language (HTML) yang digunakan untuk membangun sebuah website yang didalamnya terdapat script untuk membuat tabel. Kali ini sedikit melanjutkan script tabel yang telah ada sebelumnya yaitu dengan menambahkan atribut untuk menggabungkan kolom.

Layaknya pada Excel yang dapat menggabungkan kolom dan baris atau sering kita kenal dengan merge cell, pada tabel versi HTML pun dapat melakukan penggabungan kolom dan baris. Untuk menggabungkan baris dalam sebuah tabel HTML perlu ditambahkan atribut rowspan, sedangkan untuk menggabungkan kolom atribut yang digunakan adalah colspan. Berikut tampilan tabel versi HTML dengan atribut colspan.

Tabel HTML

Tabel.php

<table border="1" align="center" width="500">

<tr>	
<th colspan="4" bgcolor="#C0C0C0">DATA MAHASISWA</th>
</tr>
<tr>	
<th>NIM</th>
<th>Nama</th>
<th>Kelas</th>
<th>Jurusan</th>
</tr>

<tr>
<td>12134567</td>
<td>Renata</td>
<td>12.5D</td>
<td align="center">MI</td>
</tr>

<tr>
<td>12134568</td>
<td>Ruly</td>
<td>12.5E</td>
<td align="center">MI</td>
</tr>

<tr>	
<td>11134562</td>
<td>Aska </td>
<td>12.5D</td>
<td align="center">MI</td>
</tr>

<tr>
<td colspan="3">Jumlah record:</td>
<td align="right">3</td>
</tr>

</table>
Advertisements

Pengenalan Dasar Hypertext Markup Language (HTML)


Hypertext Markup Language atau yang lebih dikenal dengan HTML merupakan sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat suatu halaman web yang dapat menampilkan informasi berupa teks, gambar atau video. Dalam pemrogramannya, HTML diawali dengan menuliskan perintah-perintah HTML atau yang disebut dengan Tag. Tag digunakan untuk menandai elemen-elemen didalam sebuah dokumen HTML. Sebagai contoh apabila Anda mengetik di Word dengan atribut cetak tebal (bold), maka didalam HTML Anda harus mengetikkannya dengan menggunakan Tag seperti berikut:

<b>Contoh penulisan cetak tebal dalam HTML</b>

Beberapa tag yang umum digunakan dalam pemrograman HTML adalah:

  • <p>, untuk mendefinisikan paragraf.
  • <b>, untuk mencetak tebal pada teks.
  • <i>, untuk mencetak miring pada teks.
  • <u>, untuk mencetak miring pada teks.
  • <small>, untuk membuat tulisan dengan ukuran kecil, biasanya pada catatan kaki.
  • <center>, mencetak teks rata tengah. Untuk justify, left, dan right digunakan bersamaan dengan tag paragraf, misal untuk rata kanan dan kiri <p align=”justify”>
  • <font>, untuk memberikan pengaturan huruf, dapat dilengkapi dengan jenis huruf (face), ukuran (size), dan warna (color) pada huruf. Apabila ingin menggunakan semua atributnya maka penulisannya menjadi <font face=”chiller” size=”14″ color=”red”>
  • <H1>, atau heading untuk mencetak teks judul dengan ukuran font maksimal dan cetak tebal. Ada beberapa tingkatan heading selain h1, yaitu h2, h3, h4, dan h5.
  • <br>, digunakan untuk melakukan pindah baris.
  • <marquee>, mencetak teks berjalan dari kanan ke kiri layar. Dapat juga menambahkan atribut behavior = “alternate” untuk membuat efek teks memantul pada kedua sisi layar dan direction untuk menentukan arah teks berjalan.
  • <hr>, untuk mencetak garis horizontal.

(more…)

Pengenalan Dasar Pemrograman C++

C++ merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer dikalangan developer, terutama aplikasi berbasis console. Beberapa editor yang dapat digunakan dalam pemrograman C++ diantaranya Borland C++, Dev C++, dan Turbo C++. Dalam pemrogramannya, C++ membutuhkan file header untuk dapat mengeksekusi perintah-perintah yang diberikan. Stdio.h, conio.h, dan iostream.h merupakan file header yang umum digunakan dalam pemrograman C++. Tanpa file header tersebut program tidak dapat di eksekusi (Run).

Ada beberapa perintah yang perlu diketahui sebelum melakukan koding, diantaranya perintah keluaran (output) yang terdiri dari:

  • printf
  • cout
  • puts
  • putchar.

Untuk dapat menggunakan cout diperlukan header iostream.h.


Perintah masukan (input) terdiri dari:

  • scanf
  • gets
  • cin
  • getch, dan
  • getche.

Cin dan gets memerlukan header iostream.h, sedangkan getch dan getche memerlukan header conio.h.


Berikutnya perintah manipulator diantaranya yaitu:

  • setw() untuk mengatur lebar tampilan suatu keluaran pada screen
  • setprecision() untuk mengatur jumlah digit desimal yang akan ditampilkan
  • setiosflags() untuk mengatur margin data keluaran
  • endl digunakan untuk pindah baris, dan
  • end.

Untuk setw, setiosflags, dan setprecision memerlukan header iomanip.h, sedangkan endl dan end membutuhkan header iostream.h.

(more…)

ASP NET MVC Using Entity Framework and ADO NET Entity Data Model

ASP NET MVC

Selamat siang mas bro.., senang rasanya bisa berbagi lagi disini walaupun hanya sedikit namun masih jauh lebih baik dari pada tidak berbagi sama sekali. Sedikit share aja tentang ilmu baru yang saya sapat dari tempat kerja yang baru juga, mungkin buat mas bro ASP NET MVC sudah menjadi makanan pokok dalam membuat website ataupun aplikasi lainnya. Namun buat saya pribadi ASP NET MVC merupakan bahasa pemrograman yang baru saya pelajari, ketinggalan banget yah hahahahahaaa. But it’s OK dari pada gak sama sekali.

Sedikit share pengalaman mengenai referensi untuk belajar ASP NET MVC, ternyata versi buku nya sangat sulit dan bahkan tidak ada buku yang membahas mengenai proyek website ASP NET, maklum saya lebih suka belajar sendiri dari buku. Karena setelah cari di beberapa tutorial ada saja bagian yang kurang lengkap. Setelah mencari beberapa referensi via mbah gugel, akhirnya mentok juga di Docs nya Microsoft. Buat yang mau belajar dari forumnya langsung aja masuk ke ASP NET.

(more…)

Memahami Konsep MVC Dalam Pemrograman Website

Memahami konsep MVC dalam pemrograman website

Pernahkah Anda mendengar istilah MVC (Model-View-Controller) dalam pemrograman website? Bagi sebagian orang mungkin pernah mendengarnya, namun banyak juga mereka yang belum mendengar istilah ini.

Sama halnya seperti saya, sebenarnya konsep MVC ini sudah saya pelajari pada waktu kuliah dulu namun kurang saya pahami. Barulah saat ini saya pelajari dan ingat kembali mengenai MVC.

Apabila Anda terbiasa menggunakan konsep prosedural dalam pemrograman website akan sedikit mengalami kesulitan ketika mempelajari dan menggunakan konsep MVC.

(more…)

Tanya Seputar Buku Sistem Informasi Pendaftaran Event Dengan PHP Untuk Panduan Skripsi

Tanya Seputar Buku Sisfo Pendaftaran Event

Judul postingannya aja “Tanya Seputar Buku Sisfo Pendaftaran Event” yah udah pasti yang ditanya banyak banget hahahahahaaa…

Yaps..memang pembaca yang satu ini mengirimkan pertanyaan bertubi-tubi ke email penulis. Bagusnya sih dia gak kirim pertanyaan sekaligus, tapi dia tunggu setelah di jawab baru deh kirim pertanyaan berikutnya, layaknya orang yang sedang chat. Inilah potret pembaca yang punya keinginan kuat untuk belajar dan mengembangkan kemampuan dirinya dalam membuat sebuah program atau sistem.

(more…)

Panduan Sistem Informasi Pendaftaran Event Dengan PHP Untuk Skripsi

Question & Answer Buku Sistem Informasi Pendaftaran Event Dengan PHP Untuk Panduan Skripsi

7 Desember 2016, saya mendapatkan email yang bertanya tentang panduan atau tutorial dari Sistem Informasi Pendaftaran Event Dengan PHP Untuk Panduan Skripsi. Sebelumnya mohon maaf saya tidak mengerti panduan dan tutorial apa yang diinginkan oleh si pengirim tersebut.

Jika yang dimaksud adalah panduan atau tutorial pembuatan sistemnya dari awal hingga akhir itu tidak ada. Sekedar informasi, proses pembuatan panduan atau tutorial seperti itu jauh lebih lama dari pada proses pembuatan bukunya. Jika saya membuat panduan atau tutorial tersebut, apa kabar dengan bukunya?

(more…)

Fake Email Tidak Berhasil, Setting Local User On Mercury

Question & Answer Septuar Buku SISFO Event

Tanggal 6 Desember 2016 lalu, saya mendapat pertanyaan seputar buku Sistem Informasi Pendaftaran Event Dengan PHP Untuk Panduan Skripsi. Menurut si pengirim (yang tidak dapat saya sebutkan namanya) test daftar fake email tidak berhasil padahal konfigurasi untuk fake email pada file php.ini dan file sendmail.ini sudah diikuti sesuai dengan buku.

Apa sih fake email itu? OK.. fake email adalah akun email palsu yang dibuat khusus untuk percobaan pengiriman email ke email yang dituju. Dalam implementasinya percobaan ini tidak perlu terkoneksi dengan jaringan internet, cukup dengan local server saja (localhost) email sudah dapat dikirim dan diterima dengan baik oleh email client.

Cara ini banyak digunakan oleh pengembang website yang memerlukan/menggunakan proses pengiriman email didalam perancangan website-nya. Pada tahapan perancangan proses testing debungging pengiriman ini dapat dengan mudah dilakukan karena tidak perlu terkoneksi dengan internet. Inilah yang disebut dengan fake email.

Untuk langkah-langkah konfigurasi ini sebenarnya sudah disertakan dalam buku Sistem Informasi Pendaftaran Event pada BAB 2 mulai dari setting Mercury, file php.ini, file sendmail.ini, hingga pada konfigurasi Thunderbird yang digunakan sebagai mail server.

(more…)