Sistem Informasi Manajemen Pelayanan

Sistem Informasi Manajemen Pelayanan

 

Beberapa minggu lalu seorang teman lama meminta untuk dibuatkan sebuah aplikasi yang  dapat memudahkan proses kerja didalam melakukan pencatatan permohonan surat keterangan dan surat pernyataan disebuah instansi pemerintah di Kota Tangerang sekaligus menyimpan data pemohon kedalam sebuah basis data.

Pelayanan yang diminta meliputi pencatatan permohonan SKCK dan Surat Keterangan Belum Pernah Melahirkan dan Tidak Memiliki Anak Kandung, dimana hasilnya merupakan pencetakan dari data pemohon tersebut kedalam file PDF dengan format seperti layaknya surat pernyataan atau surat keterangan pada umumnya yang disertai dengan kop surat instansi terkait.

Pada awalnya aplikasi hanya ingin dibuatkan dengan menggunakan Microsoft Access dan running pada 1 PC saja. Namun hasil diskusi memutuskan untuk membangun aplikasi berbasis web dan hanya running pada 1 PC alias dijalankan secara local saja.

Lho.., bukannya jika aplikasi web berjalan local sangat berbahaya? Ya betul, namun ada cara untuk dapat menutup celah tersebut, simak penjelasannya pada FAQ berikut ini.

Tanya: Bagaimana dengan kemananan script yang dapat di modified dan rentan pencurian script jika aplikasi berjalan secara local?

Jawab: Banyak cara untuk dapat mengamankan script dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, salah satunya dapat dengan meng-enkripsi script tersebut.

Tanya: Lalu bagaimana dengan keamanan database, mengingat aplikasi dijalankan secara local sudah pasti database tertanam di PC klien?

Jawab: Untuk mengamankan database, dapat dilakukan dengan menerapkan restricted user/membatasi hak akses untuk user yang tidak berkepentingan.

Nah, sudah tahu kan bagaimana caranya agar mengurangi dampak pencurian script dan modifikasi database pada aplikasi web yang berjalan secara local.

Sekedar informasi aplikasi ini dijalankan secara portable tanpa perlu menginstal server host pada PC local. Aplikasi sistem informasi manajemen pelayanan dibangun menggunakan framework CodeIgniter terbaru dengan database MySQLi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s